catatan Seputar Informasi Ter Update

Selasa, 20 Februari 2018

Berikut Tips Tubuh Tetap Bugar, Sehat & Bersemangat Sepanjang Hari

Tentunya dalam menjalani aktivitas sehari-hari yang cukup padat, kita ingin menjalaninya dengan tubuh yang bugar, sehat dan terus bersemangat, yang manfaatnya agar hasil pekerjaan atau aktivitas yang dilakukan maksimal.

Dengan begitu, menjaga kesehatan tubuh tentunya menjadi hal yang sangat penting, karena kalau kita tidak dapat menjaga kesehatan tubuh dengan baik, membuat tubuh akan mudah terserang penyakit, tentunya ini sangat tidak kita inginkan.

Pola hidup sehat merupakan hal yang mutlak untuk dilakukan. Orang yang menerapkan pola hibup sehat umumnya akan tetap terlihat bugar dan segar setelah melakukan aktivitas panjang seharian.

Tips Tubuh Tetap Bugar, Sehat & Bersemangat Sepanjang Hari

Banyak hal yang menjadi faktor seberapa bugarnya tubuh, Penting agar Anda bisa mengetahuinya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tubuh tetap sehat, bugar dan bersemangat sepanjang hari:

#1. Bangun pagi
Saat pagi hari tubuh akan merasakan segarnya bernafas, paling baik lagi pada waktu shubuh (jam 04.30 WIB) menjadi saat yang terbaik untuk mendapatkan udara segar dan bersih.

Dengan menikmati udara segar yang bagaikan "surga dunia" tersebut, membuat pikiran menjadi tenang dan fresh. Hal ini sangat membantu dalam menjalankan aktivtias padat nantinya.

#2. Olahraga Pagi
Anda disarankan menyisihkan waktu sekitar 15-20 menit untuk melakukan olahraga ringan setiap pagi. Anda bisa berolahraga seperti jogging, bersepeda dan lainnya.


#3. Jangan makan terburu-buru
Makan dengan tenang dan rileks bermanfaat agar pencernaan bisa berjalan dengan baik prosesnya.

Untuk itu, kunyahlah makanan dengan sempurna, sehingga penyerapan nutrisi pun bisa berlangsung dengan baik, yang tentunya hal ini aka menyehatkan tubuh.

#4. Makan porsi sedikit, tapi lebih sering
Hal ini cukup baik untuk diterapkan. Anda bisa merubah sedikit jadwal makan, jika sudah terbiasa makan dalam porsi yang besar dengan frekuensi yang sedikit, yaitu 2-3 kali dalam sehari.

Maka Anda bisa membaginya menjadi 4 atau 5 kali dalam sehari, dalam porsi yang lebih kecil.

Tujuan memecah porsi makan ini agar tubuh terhindari dari terlalu banyak menerima makanan yang harus dicerna dalam satu waktu,

#5. Perbanyaklah jalan kaki
Dengan mulai membiasakan jalan kaki, sedikit demi sedikit akan bermanfaat untuk membakar kalori tubuh.

Berdasarkan penjelasan para ahli bahwa berjalan kaki mampu membakar sekitar 180 kalori per menitnya.

Sehingga ketika ingin pergi ke warung yang jaraknya dekat maka lakukan dengan jalan kaki saja, jangan naik motor, sehingga selain sehat juga mengirit biaya bensin.

Selain itu, hindari duduk terlalu lama karena dapat membuat badan anda menjadi cepat lelah.

#6. Lakukan olahraga kecil
Ketika ada waktu luang, maka lakukan hal-hal ringan saja seperti menggerakan tubuh, peregangan dan semacamnya.

Pekerjaan rumah juga bisa dimanfaatkan sebagai olahraga. Jangan menganggap bahwa pekerjaan rumah sebagai tugas, tetapi anggaplah sebagai momen untuk berolahraga.

Dengan begitu, lakukan pekerjaan rumah dengan bersemangat.

#7. Tidur yang berkualitas
Penting untuk mengatur pola tidur sehingga memilki tidur yang berkualitas. Kurang tidur atau tidur larut malam berakibat faal bagi tubuh, karena bisa memicu berbagai penyakit.

Selain itu badan akan sering letih seharian, juga lesu dan lemas. Usahakan Anda sudah mulai tidur pada jam 9 malam, sehingga mudah bangun pagi nantinya. Untuk menikmati sejuknya udara pagi hari.

#8. Berpikiran positif “thinking”
Dengan pikiran yang baik dan TIDAK MUDAH BERPRASANGKA BURUK para orang lain, maka sangat bermanfaat untuk membuat pikiran tetap tenang.

Dengan memiliki pikiran yang tenang, ternyata juga berdampak baik untuk kesehatan badan.

Anda juga bisa berfikir dengan lebih jernih, dan terhindari dari emosi meledak-ledak yang tidak perlu.


#9. Jangan lupa istirahat
Kelelahan setelah beraktivitas panjang seharian, maka ketika tubuh dalam keadaan demikian lelahnya, hal yang harus Anda lakukan adalah beristirahat sejenak untuk menghilangkan rasa lelah dan kepenatan di pikiran.

Jangan lupa untuk memenuhi makanan yang berserat pada setiap harinya, seperti buah apel, sayuran wortel, kacang-kacangan dan banyak lainnya. Yang membantu tubuh dapat pulih maksimal.

#10. Konsumsilah makanan dengan porsi sewajarnya
Kangan makan secara berlebihan, hal ini penting agar tubuh terhindari dari rasa kekenyangan yang berlebihan. Kondisi tubuh yang terlalu kenyang, malah membuat malas untuk beraktivitas.

#11. Penuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D
Vitamin D memiliki manfaat untuk menstimulus sel imun / kekebalan tubuh, Kamu dapat mengkonsumsinya beberapa makanan yang kaya vitamin D sehari-hari seperti telur, hati dan ikan.

#12. Penuhi kebutuhan tubuh akan cairan
Disarankan mengkonsumsi air putih ketika haus, karena air putih sangatlah menyehatkan, hindari (atau minimalisir) mengkonsumsi minuman bersoda yang sebenarnya kurang baik untuk tubuh.

Minum air putih bermanfaat untuk membuang zat-zat beracun di dalam tubuh, dan membantu mengoptimalkan proses metabolisme tubuh.

Adapun minuman bersoda dan semacamnya, tidaklah menghilangan rasa haus, dan justru membuat Anda terkena resiko dehidrasi

#13. Kelola emosi dengan baik
Jangan mudah untuk marah-marah, hal ini sangat penting, karena akan membuat habis energi tubuh dan juga tidak baik untuk hati nantinya.

Jadilah orang yang mudah tersenyum dan ramah. Yang sebenarnya ini baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Perasaan seseorang seperti sedih, marah, cemas, kecewa, dll akan direspon oleh organ tubuh lainnya.

Stress yang dialami oleh seseorang bisa menjadi pemicu terbentuknya radikal bebas di dalam tubuh, yang jika dibiarkan dalam jangka waktu panjang berakibat tubuh rentan terkena penyakit.

#14. Jangan berlebihan dalam bekerja
Apabila Anda adalah seorang pekerja di pakbrik ataupun kantor, maka janganlah berlebihanan dalam waktu kerja. Waktu kerja standar dalam sehari adalah 8 jam.

Dan jangan sering-sering bekerja lebih dari 8 jam dalam sehari. Jika Anda sering kelelahan karena bekerja lebih dari 9 jam per hari, maka hal ini bisa membuat maka rentan terserang penyakit.

#15. Batasi konsumsi makanan manis
Jangan sering-sering makan makanan manis seperti coklat, permen, kue-kue, soda, dll. Makanan manis memicu Anda untuk makan banyak. Terlalu banyak konsumsi makanan manis mengakibatkan kadar gula baik, yang akhirnya beresiko penyakit diabetes.

#16. Konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna
Intinya, mulai sekarang Anda harus mencari menu-menu sehat yang lengkap. Lengkap disini maksudnya adalah terdapat sayur, buah, daging, susu, dan makanan bernutrisi lainnya.

Selain itu, jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan berserat, karena asupan serat sangat diperlukan bagi tubuh. Makanan yang berserat seperti: apel, wortel dan kacang-kacangan.

#17. Jauhi kebiasaan buruk
Sudah jelas hal-hal yang dapat merusak badan, yaitu merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, dan termasuk konsumsi makanan cepat saji.

Semuanya itu mengandung zat kimia berbahaya yang dapat merusak organ-organ tubuh. Apalagi resiko penyakit yang muncul akibat konsumsi tidak sehat seperti itu adalah penyakit-penyakit yang mematikan.

#18. Bersihkan kamar dan ruangan tempat Anda berada
Hidup sehat dan bersih adalah hal yang harus dilakukan di lingkungan sekitar Anda. Sehingga jangan sampai anda memiliki malas untuk bersih-bersih rumah.

Pastikan ruangan tempat Anda berada dalam konisi bersih dan bebas dari debu. Jangan lupa menggunakan masker saat membersihkan ruangan.

#19. Tidur dalam kondisi mematikan lampu
Tidur malam hari di dalam kamar yang benar-benar gelap, sangat bermanfaat untuk tubuh. Ahli biologi yang bernama Joan Robert mengatakan bahwa tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika benar-benar tidak ada cahaya.

Hormon ini adalah salah satu hormon kekebalan tubuh, yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit.

Sayangnya, hormon melatonin ini tidak akan muncul apabila seseorang tidur di malam hari dalam keadaan lampu menyala terang.

Tidur dengan mematikan lampu memberikan perasaan nyaman dan rileks saat tidur. Berdasarkan laporan dari hasil penelitian Ohio State University Medical Centre, menyatakan bahwa tidur dengan keadaan lampu yang menyala berakibat buruk pada perubahan struktur pada otak, yang bisa menyebabkan depresi.

Ilmuwan Australia melakukan penelitian, dan telah menemukan bahwa tidur larut setelah semalaman tersinari lampu mngakibatkan jam biologis tubuh menjadi kacau, sehingga sulit mengimbangi aktifitas kerja yang dmulai pukul 09:00 hingga pukul 17:00.

Prof. Burgess melakukan penelitian tentang hal ini, menyatakan bahwa rahasia kondisi biologis tubuh tetap teratur, serta menghindari perasaan kurang fit di pagi hari, yaitu dengan mematikan lampu atau minimal meredupkan lampu di malam hari.

0 komentar:

Posting Komentar