catatan Seputar Informasi Ter Update

Selasa, 20 Februari 2018

Step Tahapan Dasar Memulai Bisnis Besar Dan Menguntungkan

Bisnis, banyak sekali cerita di dalamnyan. Baik dari resiko bisnis, keuntungan bisnis. Banyak sekali langkah didalam memulai sebuah bisnis. Terutama agar bisnis menjadi besar, seperti ide, modal, peluang dan sebagainya.

ketika memulai sebuah bisnis tentu segala hal yang berkaitan dengan bisnis perlu dipertimbangkan. Karena hal ini menyangkut masa depan dan juga keberlangsungan hidup bisnis tersebut.

Untuk memulai bisnis yang baik memiliki beberapa tahapan. Antara lain sebagai berikut.


1. Ide

Bagi yang memang merupakan jiwa pembisnis pasti tau dong apa ide yang akan di jalankan. Apa planing untuk kedepannya. Dan mulai dari mana.

Namun hal yang harus diperhatikan adalah seorang pembisnis pemula (wirausaha pemula) yang biasanya memiliki ide bisnis sangat banyak.
Namun sayang, ide bisnisnya itu berorientasi hanya pada profit, profit, dan profit.

Tidak salah sih karena memang itu tujuannya. Namun karena saking kreatifnya itu, biasanya mereka berfikir seperti ini "bisnis A (katakanlah ide bisnis) 66* x 555* = 333 jt/bln. Wah mantap ini" langsung mencari informasi digoogle.
Eh taunya ada yang membahas bisnis B profit 737*** jt/bln. Akhirnya berganti ide.

Hal seperti ini yang membuat kegagalan.
Satu kasus lagi ada pembisnis pemula yang googling mencari referensi bisnis.

Anda kira semua bisnis cocok dengan anda ?

Tentunya tidak dong. Inilah yang menjadi salah paham. Ribuan posting dengan bisnis untuk pemula mereka posting karena berorientasi pada profit. Nah profit itu sendiri didapat dari bisnis yang baik dan lancar. Walaupun hanya bisnis kecil tapi bila lancar pasti memiliki nilai yang baik. Dan tentunya menghasilkan.

Dalam memilih ide ada 2 pertimbangan.

-Modal
Ide bagus namun modal yang dimiliki tidak mencukupi maka sia-sialah ide tersebut. Walaupun modal bisa didapat dari pinjaman seperti KUR dan lain-lain.

-Tempat
Ide yang bagus pastinya harus selaras dengan kondisi atau tempat usaha di jalankan. Walaupun ide tersebut memiliki orientasi profit yang baik. Namun ketika tidak berada pada tempat yang tepat maka akan sia-sia juga. Perhatikanlah keadaan disekitar bisnis anda.


2. Membaca Peluang


Bisnis didirikan tanpa ada peluang untuk meraih profit. Buat apa ??
Salah satu hal mutlak yang harus dimiliki seorang enterpreneur adalah kemampuan membaca peluang.

Untuk mengetahui peluang sebenarnya tidak begitu sulit. Hanya saja banyak seorang wirausaha pemula yang salah dalam membaca peluang.

Untuk mengetahui peluang hampir sama dengan ide. Namun, peluang ini lebih mengarah ke orientasi pendirian bisnis. Karena dengan mengetahui peluang maka seorang wirausaha langsung ambil tindakan atau action.
Peluang ini bisa didapatkan dari kondisi sekitar tempat bisnis. Sama dengan ide.

Peluang ini bukan tentang banyak sedikitnya persaingan bisnis yang serupa. Namun menempatkan sebuah bisnis tepat di tengah-tengah kebutuhan konsumen.

Contoh :
Ketika suatu seorang pemula akan membuka gerai makanan. Khususnya makanan oleh-oleh khas daerah. Seperti manisan misal.
Ketika memilih tempat, seharusnya memilih tempat yang sudah banyak pembisnis lain mendirikan gerai manisan. Sehingga tujuan konsumen bisa didapatkan. Dan buat lah bisnis tersebut menjadi berbeda dari yang lain.

Bayangkan bila membuka gerai manisan namun ditempat yang merupakan kumpulan depot ikan. Pasti akan sepi pengunjung.
Jadi untuk memilih peluang bukanlah tergantung banyak sedikitnya persaingan. Namun kebutuhan konsumen yang bisa dipenuhi dan di ambil sebagai peluang.

Setelah mengetahui peluang maka perlu dilakukan perencanaan dan strategi yang matang.


3. Modal


Setelah dapat ide pasti masalah yang kedua modal. Kalo memang berduit banyak pasti bukan masalah sih. Sekarang yang dibahas adalah pemula.

Para pemula pasti berfikir "kalo saya gunakan buat ini nanti kalo gagal/bangkrut abis duitnya" pasti ada yang seperti itu.
Ada lagi "wah yang ini banyak resikonya nih, perkecil ajalah modalnya" nah ini ni yang salah.

Sudah mantap dengan ide namun ada duri satu didepan aja langsung menciut.
Seperti yang bob sadino bilang resiko itu uang. Jadi jangan takut dengan resiko, itu peluang!!

Masalah modal kini dapat di atasi dengan mencari bantuan dari pemerintah. Caranya bisa membuat kelompok tani dengan beberapa orang lalu buat proposal, ajukan dan tunggu.

Atau bisa meminjam pada pihak bank dengan anggunan tertentu. Atau bisa juga bekerja sama dengan teman sebisnis. Mencari investor, dan masih banyak lagi.

Yang perlu ditekan dalam modal adalah estimasi kebutuhan usaha. Gunakan modal sesuai kebutuhan. Sehingga penggunaanya bisa efektif dan efisien.
Apalagi bila modal pinjaman, maka harus berhati-hati dalam mengelolanya.



4. Action

Inilah yang terakhir dan yang paling susah. Sering kali para pemula hanya mencari ide, memikirkan, menghitung, lalu hilang dalam sekejap.

Bisnis yang paling baik adalah bisnis yang telah dilakukan. Sebaik apapun bisnis, bila masih dalam perencanaan maka tidak berarti apa-apa. Sehingga perlu tindakan agar semuanya bisa terwujud.

Dalam action ini tidak hanya tindakan saja. Namun perlu beberapa tindakan tambahan.

-Controling
Ketika bisnis sudah mulai dilakukan, maka pengontrolan akan bisnis tersebut perlu dilakukan. Untuk melihat sejauh mana bisnis itu berkembang.

-Evaluasi
Setelah melakukan tindakan atau istilahnya bisnis sudah berjalan. Maka perlu evaluasi apakah bisnis mampu mencapai target awal. Sehingga setelah proses ini akan didapatkan kelebihan serta kekurangan sebuah bisnis tersebut.

-Penetapan Rencana Lanjutan
Setelah dievaluasi dan telah mendapatkan hasil. Maka bisnis bisa ditingkatkan menjadi bisnis yang lebih baik dan berkembang. Bahkan bisa menjadi bisnis yang besar.


Dari tahapan diatas, akan banyakan sekali rintangan yang tidak bisa ditulis. Oleh karena itu persiapan mental dan kekuatan serta kerja keras sangat dibutuhkan.
Karena dalam bisnis baru 60% selalu mengalami kerugian diawal bisnis tersebut di dirikan. Sehingga perlu kekuatan, pantang menyerah.

Itulah tahapan dasar yang paling menentukan dalam sebuah bisnis. Semoga bermanfaat dan dapat membantu.

0 komentar:

Posting Komentar